Di balik penderitaan sesungguhnya akan ada kebahagiaan yang menanti....Amin...

Jumat, 21 September 2012

Sejarah Internet

ehm...
cek cek cek 123,
oke kita mulai ya menurut buku sumber yang saya baca:
Pada awalnya Internet merupakan jaringan yang dibentuk oleh Badan Pertahanan Amerika Serikat di Tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network), dimana mereka mendemsntrasikan bagaimana hardware komputer berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, keandalan, seberapa besar informasi dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru atau TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pada awalnya ARPANET dibangun untuk keperluan militer. Juga pada awalnya yang terhubung ke ARPANET hanya 3 situs, yaitu Stanford Research Insitute, Santa Barbara, dan University of California.
Secara umum ARPANET dikenalkan pada tahun 1972, karena proyek ini berkembang pesat dan banyak universitas yang ingin bergabung makan ARPANET dibagi menjadi 2 bangian yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" untuk keperluan non militer, gabungan dari keduanya disebut DARPA Internet yang kemuadian disederhakan menjadi Internet.

nah, perkembangan Internet di Indonesia juga awalnya dari adanya Intranet di kampus-kampus. sebelum ada Internet sudah ada jaringan komputer lokal yang disebut Local Area Network disejumlah lembaga pendidikan dan pemerintahan di Indonesia.
pada era 1980-an sampai pertengahan tahun 1990-an, dikalangan pendidikan tinggi dengan para stake holders berdiri untuk mengembangkan berbagai kegiatan seputar teknologi komputer, yan hanya dimulai dari hobi dan kegiatan amatir saja, namun dari proses pendidikan mereka di perguruan tinggi itu menjadi suatu media informasi yang memudahkan pertukaran data dan informasi, tidak hanya antar kampus namun mereka jjuga berimajinasi untuk mengembangkan suatu jaringan antar kampus bahkan antar negara.
hal tersebut dimulai dari berbagai penelitian-penelitian di lembanga-lembaa pendidikan dan pemerintahan dibidang teknologi komputer dan networkingnya

Source: BSE SMP Kelas 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar