Di balik penderitaan sesungguhnya akan ada kebahagiaan yang menanti....Amin...

Kamis, 20 September 2012

Cara membuat tabel ( Ms. Excel )

Melakukan penghitungan angka-angka memang Ms excel selalu dapat diandalkan. Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang didapat dengan menggunakan Ms Excel. Namun berbeda dengan Ms Word, agak lebih sulit jika melakukan penghitungan angka-angka. Memang pada Ms Word juga terdapat fasilitas untuk melakukan penghitungan angka, namun tidak seperti Ms excel yang memang khusus untuk program pengolah angka yang sudah pasti sudah lengkap fitur-fiturnya.

Terkadang kita dihadapkan pada dokumen yang berisi naskah tulisan yang lebih mudah dikerjakan di Ms Word dan angka-angka yang lebih mudah jika dikerjakan menggunakan Ms Excel. Tentunya akan repot jika mengerjakan satu dokumen dengan dua program word dan excel. Pada Ms Word telah tersedia fasilitas atau fitur untuk menggabungkan antara ketikan atau tulisan dan table angka yang ada di Ms Excel. Jadi anda bisa mengerjakan tulisan di ms word dan angka-angka di ms excel dalam satu file Ms Word saja. Dengan demikian dalam hal mengetik naskah dapat kemudahan dilain sisi penghitungan angka-angka juga dapat dilakukan dengan mudah pula. Dengan kata lain kita dapat menggabungkan Ms Word dengan Ms Excel.

Untuk melakukan hal tersebut, silahkan diikuti langkah berikut ini :
  1. Bukalah Program Ms Word 2007 kemudian ketik naskah anda.
  2. Pada tempat dimana kita membuat table dengan angka-angka tertentu, silahkan buka ribbon Insert kemudian pilih Table. Pada pilihan yang muncul klik pada Excel Spreadsheet

    excel spreadsheet di ms word

  3. Maka jendela excel akan nampak di lembar kerja Ms Word anda, perhatikan pula menu-menu yang ada akan berubah menjadi menu-menu Ms excel.
    menggabungkan ms word dengan excel

  4. Setelah itu buatlah table seperti yang anda kehendaki atur sedemikan rupa sehingga posisinya pas dengan tulisan dan ketikan di ms word.
  5. Jika sudah klik pada area ms word. Maka table telah terbentuk, untuk mengedit datanya silahkan klik ganda pada table tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar